#comment-holder p a {display:none;}

Minggu, 02 Agustus 2020

Bayar Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi Online SIJEMPOL



Solusi bayar pajak kendaraan melalui aplikasi online (SIJEMPOL) adalah layanan kepada masyarakat yang memungkinkan membayar pajak secara online menggunakan aplikasi smartphone. Aplikasi yang digunakan adalah Aplikasi Samsat Online Nasional (SAMOLNAS) yang dimiliki oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Dengan layanan SIJEMPOL yang dikombinasikan dengan SAMOLNAS maka masyarakat bisa membayar pajak kendaraan bermotor dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke samsat sehingga sangat sesuai anjuran pemerintah untuk di rumah saja selama pandemi Covid 19. Setelah melakukan pembayaran secara online maka bukti bayar dan stiker pengesahan akan dikirim ke alamat sesuai yang tertera di STNK.

Layanan SIJEMPOL memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan tahunan secara online menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional (SAMOLNAS) tetapi menemui kendala karena data tidak ditemukan aplikasi. SIJEMPOL memberikan pelayanan pendampingan secara daring kepada masyarakat sampai bisa melakukan pembayaran secara online . Layanan SIJEMPOL menyediakan hotline melalui no. telepon/whatsapp 081717251041 dan melalui akun instagram, twitter maupun facebook @samsatonline. 

Samsat Online Nasional (SAMOLNAS) adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang - undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ dan PNBP pengesahan STNK yang dapat dilakukan secara nasional melalui aplikasi layanan mobile.

Setiap proses pendaftaran yang telah selesai akan mendapatkan kode bayar yang digunakan untuk pembayaran melalui layana E-Channel perbankan (e-banking atau ATM) yang telah bekerja sama dalam pelayanan pembayaran. Adapun perbankan yang bekerja sama meliputi Bank Pembangunan Daerah (BPD) masing - masing provinsi, bank BUMN (BNI, BRI, Mandiri, BTN), bank swasta (BCA, Permata, CIMB Niaga).

Bagi wajib pajak yang sudah mendapatkan kode bayar dari aplikasi dapat langsung melakukan pembayaran melalui ATM. Untuk melakukan pembayaran bisa menggunakan kartu ATM milik sendiri atau ATM orang lain.

Kode bayar berlaku selama maksimal 2 jam. Apabila belum melakukan pembayaran kode bayar tidak berlaku lagi. Apabila pemohon tetap akan melakukan pembayaran diharuskan melakukan pendaftaran ulang.

Berikut langkah - langkah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional.






Setelah melakukan pembayaran maka bukti bayar bisa dilihat di menu E TPBK dan E Pengesahan seperti pada gambar berikut



NB.
Melayani jasa kuasa pengurusan perpanjangan STNK. Info bisa klik Biro Jasa 

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar