#comment-holder p a {display:none;}

Minggu, 20 Maret 2011

ALAY & LEBAY



E-mailPtr.com

Apa yang dimaksud alay dan lebay ?

ALAY, Rupanya, dalam pergaulan sehari-hari ditemukan orang-orang yang berkarakter lebih parah dari sekedar jijay dan lebay. Maka, tidak heran jika saat ini muncul lagi istilah ALAY-ALAY, yang berasal dari kata “ALAH-ALAH”. Ada juga yang mengartikan Alay sebagai kependekan dari Anak Layangan, ini artinya orang Alay akan selalu bersifat seperti Layang-layang, terbang sesuai arah angin cenderung mengikuti yang sedang trend, namun tentunya dengan cara yang salah kaprah. Ada juga yang menganalogikan alay sebagai anak kampung (lebih tepatnya kampungan), karena anak kampung kebanyakan berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.

Istilah alay berkonotasi dengan kampungan, udik, “ndeso”, norak, yang kemudian dipakai untuk menyebut anak-anak remaja yang dianggap “nggak gaul”, bergaya kampungan dengan fashion murahan, mendengarkan musik-musik berselera rendah. Maraknya situs-situs jejaring social di internet telah memperluas makna kata alay, dengan penulisan kombinasi angka dan huruf yang rumit, namun intinya adalah kenorakan dan keberlebihan dalam selera dan gaya.

Contoh :

- sok pengen ‘gaul’ mau ngikutin tren yang sekarang (cth: nge-mix baju ga kira kira ; baju ijo, celana kotak kotak, sepatu merah,kacamata biru! NORAK !)

- Perhatikan, hampir tiap hari kita menemukan penulisan yang rumit : aquwh s4aiian9 Kamyu ch1Nt4ku (aku sayang kamu cintaku)

LEBAY, berasal dari kata LEBIH atau BERLEBIHAN yang kemunculannya dimulai sejak tahun 2006. Orang Lebay adalah orang yang selalu membesar-besarnya masalah atau hal kecil, terlalu melebih-lebihkan diri maupun pendapatnya tanpa memperdulikan orang lain, ataupun pertimbangan yang ada ditengah masyarakat. Cenderung untuk bersifat sombong, merasa benar sendiri dan selalu ingin cari perhatian.

Tapi kalau mau ditelusuri dalam kamus bahasa Indonesia lebay atau lebai sering merujuk pada sosok lebe, sosok alim yang biasanya memberikan doa atau wejangan di acara keluarga. Tapi Lebay zaman sekarang maksudnya mungkin “mirip” dengan “sok aksi” , “sok keren” atau “sok mobile”.

Contoh :

Gila, semua orang di kampus akhirnya tahu gw jadian sama cowok terganteng di dunia!
Jadi kata Lebay dan Alay memiliki makna yang hampir sama, namun menunjukkan stadium keparahan sikap berlebihan seseorang. (Sumber : NN)

*************************************************************************************

Baca juga :

* Misteri Valentine's Day
* Tika Gadi Manis Yang Meninggal Karena Jadi Perokok Aktif

* Ternyata Minum Sofdrink Tidak Baik Untuk Kesehatan
* Beberapa Istilah Arab Yang Sering Salah Digunakan
* Mengapa Wanita Banyak Menghuni Neraka?

*************************************************************************************

E-mailPtr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar